Cara Membuat Contact Form di Blog


Info contact atau kontak memang sebaiknya dipasang oleh blogger di blognya. Hal ini untuk menjalin percakapan yang lebih personal dari pengunjung blog kepada pemilik blog. Salah satu caranya adalah menampilkan alamat email. Dengan demikian pembaca blog yang ingin menghubungi blogger akan lebih mudah. Tetapi ada yang lebih mudah digunakan selain hanya menampilkan alamat email,yaitu membuat Contact Form.

Contact Form adalah formulir yang untuk mengirimkan pesan kepada kita (blogger). Orang bisa dengan mudah untuk mengirim pesan, tinggal menulis nama, alamat emailnya dan mengetik pesan. Jadi tidak perlu repot untuk login ke akun email, bisa mengirim atau menghubungi dari blog kita sendiri.

Untuk membuat Contact Form kita dapat memfaatkan penyedia contact form gratis, Kontactr, My Contact Form, dan Email Me Form. Sebenarnya hampir sama tetapi kali ini Eggi Janitra's Blog akan membahas satu saja, yaitu Kontactr.

Cara mendaftarnya cukup mudah, kunjungi http://kontactr.com lalu lakukan registrasi, setelah itu akan dikirim konfirmasi ke email kamu untuk mengaktifkan akun, dan akhirnya bisa login ke Kontactr. Jangan lupa, email yang kamu gunakan adalah emailmu sendiri yang aktif dan sering digunakan.


Cara Membuat Contact Form di Blog

Setelah login ke Kontactr kita akan langsung disuguhi kode HTML atau Java Script untuk menampilkan Contact Form ataupun Button, seperti gambar di atas. Untuk menampilan Contact Form kita gunakan kode yang AJAX Widget, kita bisa mengkostumisasi tampilan warna agar sesuai dengan tampilan blog kita.


Cara Membuat Contact Form di Blog

Cara Membuat Contact Form di Blog

  1. Login ke akun blogger.com lalu buat post, entri ataupun halaman baru.
  2. Beri judul Entri Baru itu,misalnya; "Contact Me", "Hubungi Saya", dll.
  3. Saat menulis pilih HTML, bukan Compose. Supaya kodenya bisa bekerjaCara Membuat Contact Form di Blog
  4. Masukan kode dari Kontactr, untuk bentuk form pakai yang AJAX Widget atau yang sudah kamu kostumisasi.
  5. Untuk mencoba melihat hasilnya pilih Compase dan klik Pratinjau atau Preview.
  6. Jika sudah Oke, lalu klik Publikasikan.

Selesai, dan kamu sudah memiliki Contact Form. Pasang link dari Entri atau Post Contact tersebut di menu blogmu, misalnya di menu header. Kamu juga bisa tidak perlu membuat form di atas, hanya memakai Button. Ada dua pilihan yaitu K-Box dan Normal Link. Untuk yang button ini lebih canggih gunakan saja yang K-Box, sedangkan kalau normal link adalah button untuk mengarahkan ke halaman Contact di Contact Form



Button Contact ini lebih cocok dipasang di sidebar blog, caranya adalah saat di dasbor blogger.com pilih Tata Letak, lalu Tambahkan Gadget dan pilih HTML/Java Script kemudian masukan kode button dari Kontactr. Siapa tahu dengan membuat atau memasang contact kamu bisa menemukan jodoh atau rejekimu dari blog :)

Salam Blogger


Category Article

One Response to “Eggi Janitra's Blog”

What's on Your Mind...

Jika ingin berkomentar,berkomentar lah yang sopan.Jika ada komentar yang menjelek-jelekan blog ini jangan salahkan jika kami menghapus komentar anda.

Diberdayakan oleh Blogger.